web log free 6 Tips Persiapan Diri Sebelum Menikah Bagi Wanita
Kotak pencarian
Terlaris Minggu Ini
pengasihan-kirim-impen.jpg

Pengasihan Kirim Impen

Harga:Rp 400.000,-

Alfalah Darussalam

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

 

 

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa

 Tengah

 

KONSULTASI

 

Contact/SMS/WA

089 957 076 57 (Ustadz Ajib)

BB Mesengger

 

Customer Service

Customer Service I
(Mh.Shodiq)

Telp/SMS :

089 680 708 282

081 328 131 411

Whatsapp :

089 680 708 282

Line :

089 680 708 282

BB Messenger : D4A6D2FA

Email : membukabatin@gmail.com

Customer Service II
(Mutia)

Telp/SMS :

089 668 981 114

085 784 305 056

Whatsapp :

089 668 981 114

Line :

089 668 981 114

BB Messenger : D42902C8

Email : membukabatin@gmail.com

6 Tips Persiapan Diri Sebelum Menikah Bagi Wanita

KUMPULAN ARTIKEL » Asmara, Percintaan » 6 Tips Persiapan Diri Sebelum Menikah Bagi Wanita

persiapan diri sebelum berkahwin, persiapan diri sebelum kahwin, persiapan diri sebelum perkahwinan, persiapan diri sebelum bersalin, persiapan diri sebelum mengerjakan umrah, persiapan sebelum menikah agar cepat hamil, persiapan sebelum menikah untuk wanita, persiapan sebelum menikah untuk laki laki 	Menikah adalah salah satu hal paling sakral yang dialami oleh wanita sekali seumur hidup. Dengan demikian, kematangan dalam persiapan sebelum menikah harus dipertimbangkan dengan fikiran yang jernih serta niat yang mantap jangan sampai menyesal diujungnya.

Memang, untuk menyempurnakan separuh agama haruslah dijalani dengan sebuah pernikahan. Tentu dalam artian yang tidak asal-asalan. Harus tertata rapih sesuai yang disyariatkan oleh agama Islam.

Nikah adalah bentuk konsistensi individu seumur hidup yang merupakan ibadah. Dalam urusan ibadah, tentu sebagai individu harus menjalaninya dengan sungguh-sungguh tidak sembrono. Hal tersebut diperlukan kesiapan diri yang baik untuk melaksanakan pernikahan itu sendiri.

Nah, datangnya artikel ini akan sedikit mengulas tips persiapan diri sebelum menikah bagi wanita muslimah yang akan membantu mengenal diri Anda lebih jauh lagi dalam mempersiapkan diri sebagai seorang istri yang berbakti bagi suami.

Di bawah ini akan dijelaskan poin-poin penting dalam mempersiapkan diri bagi wanita muslimah sebelum menikah, antara lain :

1. Persiapan Fisik

Dalam poin penting ini permasalahan reproduksi tentunya menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan kesiapan fisik sebelum menikah bagi seorang wanita yang akan menjadi seorang ibu. Sangat dianjurkan bagi perempuan untuk melakukan pengobatan ke dokter apabila terdapat permasalahan dari hal yang tidak diinginkan, seperti mandul/tidak bisa dibuahi.

Sebelum menikah, ada baiknya Anda memeriksakan terlebih dahulu kesiapan fisik dalam menjalankan fungsi nantinya sebagai istri yang mampu menciptakan generasi baru bersama suami tercinta. Menikah berarti dapat mencetak generasi penerus baru yang akan meneruskan perjuangan umat untuk kedepannya.

2. Persiapan Spritual

Hal yang kudu dipersiapkan wanita sebelum menikah paling penting adalah bagaimana dia bisa mempersiapkan diri lebih baik yang mengarah ke suatu gerbang dalam mempertemukan seorang pria dengan wanita untuk menyatukan suatu ikatan yang halal serta diridhoi oleh Tuhannya.

Sebagai wanita muslimah, tentu Anda mengharapkan seorang lelaki shalih yang kelak akan menjadi pemimpin/imam yang baik bagi rumah tangga. Hal ini dijelaskan dalam Al Qur’an surat An-Nur ayat 26 :

Allah berfirman “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik…….”

Ayat ini secara jelas menerangkan bahwa untuk mendapatkan jodoh sesuai keinginan yang baik hati tentu kita pun mempunyai sifat yang demikian. Jodoh adalah sebuah cerminan diri. Tentunya disini Anda harus memperbaiki diri untuk menjadi wanita yang shalihah serta baik hati.

3. Persiapan Kepribadian

Kita sudah tidak akan hidup sendiri setelah menikah. Ada seseorang yang selalu menemani kita yaitu suami. Tidak hanya sebagai teman saja, ia juga berperan penting dalam menuntun Anda menjalani hidup rumah tangga sesuai yang dianjurkan oleh Nabi.

Terbuka untuk menerima perbedaan dari kepribadian yang dibawa oleh suami Anda salah satu cara belajar untuk mengenalnya lebih jauh agar tidak ada gonjang-ganjing dalam menjalani rumah tangga yang sakinah.

Banyak rumah tangga yang cek-cok hanya soal masalah sepele karena kurang mengenal karakter masing-masing. Belajarlah untuk terbuka dan menerima perbedaan dari kepribadian yang dibawa oleh suami kita kelak, dan teruslah untuk mencoba mengenalnya lebih jauh.

Sebuah kepribadian diri yang baik tentunya akan rela tulus dan ikhlas menerima hal-hal baru dalam hidup yang dalam kategori ini dikatakan sebagai penerimaan diri yang baik untuk kepribadian suami kita kelak yang tentunya tidak melulu memiliki banyak persamaan dengan kepribadian kita.

4. Persiapan Konsepsional

Dalam urusan ibadah, tentu menikah harus dipertimbangkan tidak main-main. Menikah berarti akan mewujudkan ibadah yang lebih baik dan berkualitas di hadapan Allah SWT. Banyaklah membaca buku dan mempelajari hal-hal agama yang belum kita ketahui.

Selalu terapkan banyak ibadah sunnah dan biasakanlah untuk menjalaninya agar saat menikah nanti kita mampu menjadi ibu yang baik bagi anak-anak kita kelak. Karena menikah mengharuskan kita untuk mampu membentuk generasi baru yang taat beragama.

5. Persiapan Sosial

Pembaruan status sosial terjadi setelah menikah. Anda sudah tidak single lagi, status Anda sebagai seorang istri dan sudah membangun keluarga bersama orang yang berbeda. Menikah adalah salah satu bentuk dala menyatukan dua keluarga yang berbeda dalam satu ikatan resmi dalam gerbang pernikahan.

Disini, Anda harus membiasakan diri untuk melibatkan diri pada aktivitas-aktivitas baru yang melibatkan suami kita dan keluarganya juga keluarga kita. Jangan bermalas-malasan atau cuek dengan apapun yang berhubungan dengan rumah tangga Anda.

6. Persiapan Material

Istri berperan penting dalam mengurus roda ekonomi keluarga. Ia harus bisa menempatkan diri sebaik mungkin dalam hal tersebut. Suami memang diwajibkan mencari nafkah bagi keluarga, disini Anda sebagai seorang istri harus mengelola sistem keuangan dari nafkah yang dihasilkan dari tetes keringat suamimu selama bekerja.

Sewaktu-waktu, Anda juga bisa membantu suami dalam mencari nafkah jika memang itu diperlukan dan sifatnya kepepet. Pintar-pintarlah menggali ilmu tentang kewirausahaan dan biasakan diri sedini mungkin untuk dapat berhemat dan cerdas mendahulukan hal-hal yang  diprioritaskan terlebih dulu.

Dengan menikah yang baik-baik tentu kita akan mendapat suami yang baik, mendapatkan keluarganya, serta menjalankan hubungan rumah tangga yang baik kedepannya. Kebanyakan seorang wanita pra-nikah ingin mendramatisir sebuah keadaan.

Contoh kecil misalnya ingin nikah lari, memaksa menikah walaupan kedua orangtuanya tidak merestui, ataupun menikah diam-diam tanpa sepengetahuan keluarga yang tidak diperbolehkan oleh agama.

Semoga sedikit Tips Persiapan Diri Sebelum Menikah Bagi Wanita bisa memberikan pandangan serta bekal tersendiri bagi Anda yang sudah siap untuk melangsungkan pernikahan. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA!

CUSTOMER SERVICE

Customer Service I (Mh.Shodiq)

Telp / SMS:

089 680 708 282 / 081 328 131 411

WA / Line :

089 680 708 282

BB Mesengger

D4A6D2FA

Customer Service II (Mutia)

Telp / SMS:

089 668 981 114 / 085 784 305 056

WA / Line :

089 668 981 114

BB Mesengger

D42902C8